Teacher's diary (Penyusunan soal sumatif)

Halo rekan-rekan merdeka. Saat saya menulis artikel ini saya berada di akhir semester dua dan sedang menyusun soal sumatif. Saya adalah guru kelas empat SD yang mengajar mapel bahasa Inggris. Kebetulan sekolah tempat saya mengajar menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Saya ingin bercerita langkah apa saja yang saya lakukan dalam menyusun soal sumatif ini.

Soal sumatif yang saya buat terdiri dari lima pulu soal pilhan ganda dan dua soal uraian. Saya menyusun soal sumatif ini dari tiga bab yang saya sampaikan di semester dua ini. Bagian pertama saya mulai dengan listening atau mendengarkan. Murid akan mendengarkan audio yang telah saya sematkan di Google form. Soal mendengarkan sebanyak lima butir. Bagian selanjutnya teridiri dari soal vocabulary. Pada bagian ini murid harus memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat. Pada bagian ketiga, saya membuat soal reading comprehension. Pada bagian ini murid harus mencari jawaban pada bacaan. Karena murid saya adalah murid kelas empat maka jawaban bersifat eksplisit. Artinya jawaban bisa secara jelas dinyatakan dalam bacaan. Bagian ke empat adalah grammar atau tata bahasa. Dalam bagian ini, murid harus mengidentifikasi kata sebagai adjectives atau adverb. Selanjutnya, saya meminta murid menganalisa rhyming pattern pada puisi dan juga mengidentifikasi jumlah Stanza  dan lines dalam puisi tersebut. Jenis soal yang saya berikan sebagian besar adalah analisis yang merupakan HOTS

Soal HOTS membuat murid berlatif untuk menjadi pelajar yang literat. Perlu diingat bahwa tes sumatif bertujuan untuk melihat kemampuan murid dan mengukur kompetensi yang mereka raih setelah melewati proses pembelajaran. Di bagin kelima adalah bagian uraian. Murid diminta menulis puisi yang mempunyai rhyming couplet. Saya menentukan aturan ini untuk melihat sejauh mana murid mampu membuat kalimat berrima. Terakhir saya meminta murid membuat iklan tentang sebuah produk yang saya sudah tentukan.

Demikianlah model soal yang saya buat untuk tes sumatif. Dua hal penting yang bisa menjadi catatan:
1. Soal sumatif harus bisa mewakili setiap bab yang telah dipelajari dan memastikan kompetensi yang dipetakan dapat diukur melalui soal sumatif.
2. Soal sumatif sebaiknya merupakan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hal ini akan membuat murid menjadi literate.

Salam merdeka belajar!

Comments

Popular posts from this blog

Teacher's diary (5M)

Integrasi teknologi dalam pembelajaran

Teacher's diary (Kode etik)