Teacher's diary (Pemetaan murid, part 2)

Salam jumpa rekan-rekan merdeka. Melanjutkan diskusi kita kemarin tentang pemetaan murid, saya akan membahas lebih lanjut pemetaan murid hasil asesmen diagnostik 

Guru memulai identifikasi tujuan dan cakupan belajar. Susunlah sepuluh soal dengan kriteria: Dua soal, sesuai kelasnya dimana tujuan belajar dan cakupan adalah dari semester satu. Enam soal, satu kelas di bawahnya dimana tujuan belajar dan cakupannya adalah dari semester satu dan dua. Dua soal, dua kelas dibawah nya dimana tujuan belajar dan cakupannya adalah dari semester dua. 

Petakan murid mejadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah murid dengan rata-rata kelas. Kelompok kedua adalah murid satu semester dibawah rata-rata. Kelompok ketiga adalah murid dua semester di bawah rata-rata. Masing-masing kelompok akan membutuhkan penyesuaian strategi pembelajaran. Ulangi proses yang sama di setiap awal pembelajaran. 

Demikianlah langkah-langkah pemetaan murid berdasarkan hasil asesmen diagnostik kognigtif. Semoga bermanfaat.

Salam merdeka belajar.

Sumber:sekolah.mu

Comments

  1. Terima kasih banyak atas informasinya salam literasi

    ReplyDelete
  2. Bun materinya keren. Bila ingin diabadikan menjadi buku Antologi Tulisan hrs dikembangkan lagi ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for your visit.

Popular posts from this blog

Teacher's diary (5M)

Integrasi teknologi dalam pembelajaran

Teacher's diary (Kode etik)